Kamis, 17 Februari 2011

Sekolah Lapang Siswa SD Kelas 3 SD Tarakanita Yogyakarta

WEI : Sekolah Lapang siswa Sekolah Dasar

        G1.  Menanam Tanaman                           G2. Tangkap Belut


            G3. Perang Air                                 G4. Belajar Jenis-jenis Tanaman


Sekolah    :  SD Tarakanita
Jumlah       :  208 Siswa

Materi       :   
1. Pengenalan tanaman hortikultura, pangan, dan herbal
2. Penjelasan kegiatan budidaya dilahan (pindah tanam padi, olah lahan, dll)
3. Menanam tanaman (pindah tanaman Anthurium hookerii kedalam pot)
4. Perbanyakan tanaman (mencangkok, stek)
5. Permainan

Waktu      :   
1. Senin, 14 Februari 2011, pukul 08.00 – 12.00 WIB
2. Selasa, 16 Februari 2011, pukul 08.00 – 12.00 WIB

Biaya        :  
 Rp. 15.000,- persiswa

Fasilitas    :  
1. Keliling lahan budidaya
2. Tanaman hasil pindah tanam
3. 1 sachet Pupuk Organik Tabur TIARA persiswa
4. Fasilitator 4 orang (Sukadi, Bagyo, Heru, dan Anto)

Susunan acara  :
08.00   :  Peserta datang
               (Bus parkir diparkir Amboja depan/pinggir jalan)
08.05   :  Peserta dikumpulkan
Pembagian kelompok menjadi 4 kelompok (2±25-30 siswa), nama kelompok : cabe, melon, tomat, dan padi. Pembuatan yel-yel kelompok 
08.15   :  Peserta dipandu fasilitator mutar dilahan herbal
               Rute peserta :
1)   Jalur Refleksi : pengenalan tanaman hortikultura
2)   Lahan Tanaman Pangan : pengenalan tanaman pangan dan alat dan kegiatan budidaya.
3)   Lahan Herbal : pengenalan tanaman herbal
09.15   :  Permainan (circle rope) (Bagyo)
09.45   :  Istirahat
10.00   :  Pindah tanam bibit tanaman kedalam pot (Rima)
(semua siswa mengikuti, dibagi menjadi 2 kelompok besar, tanaman dibawa pulang sebagai souvenir)
10.45   :  Perbanyakan tanaman : mencangkok dan stek tanaman (Rima)
               (simulasi, siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar)
11.30   :  Permainan (perang air antar kelompok) (Anto)
12.00   :  Penutup
                Peserta kembali kearea parkir sambil bernyanyi bersama dipandu fasilitator


Tidak ada komentar:

Posting Komentar